Pasangan Kehilangan Pekerjaan? Lakukan 5 Hal Penting Berikut Ini

Diposting pada

Sulit memang menenangkan emosi dan perasaan saat pasangan kehilangan pekerjaan yang dimilikinya. Panik, kecewa, dan segelintir tanda tanya lain pasti akan memenuhi pikiran dan sikap Anda. Sebagai pasangan yang baik, Anda harus bisa mengontrol segala emosi dan suasana agar tidak terjadi pertengkaran di antara Anda berdua. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan di masa-masa pasangan sedang terpuruk?

Yang harus dilakukan ketika pasangan kehilangan pekerjaan

1. Tetap berpikir positif dan temani pasangan Anda

Awalnya, Anda pasti kaget dan khawatir terhadap masalah keuangan yang akan muncul ketika pasangan kehilangan pekerjaan. Baiknya, Anda harus bersikap positif dengan mengesampingkan pikiran kekhawatiran Anda terlebih dahulu.

Lalu, pada saat seperti ini jangan biarkan dia merasa sendiri. Dengan mendampinginya, pasangan akan merasakan kasih sayang Anda. Tapi, jangan sampai hal ini membuatnya tidak mempunyai ruang untuk berpikir. Anda harus tahu kapan saat yang tepat menemani dan membiarkan pasangan Anda berpikir.

2. Tanyakan apa yang bisa Anda bantu

Anda mungkin melihat pasangan tampak tak berdaya dan tak bisa berbuat apa-apa. Dalam kondisi itu, tanyakanlah apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi persoalan keuangan dalam hubungan Anda, Dalam keterbatasan keuangan yang Anda miliki, Anda dan pasangan patut menyepakati bersama hal-hal yang patut diprioritaskan terlebih dahulu, dan memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting.

3. Hindari dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Jika salah satu atau kedua pasangan kehilangan pekerjaan, ini artinya Anda harus menurunkan jumlah pengeluaran yang harus dibelanjakan. Hal ini dapat menjadi sulit jika sebelumnya Anda memang gemar menghabiskan uang bersama. Buatlah daftar akan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk rileks tanpa harus menghabiskan uang. Anda mungkin suka untuk melakukan:

  • Pergi berjalan-jalan di sekitar kota
  • Menonton film bersama di rumah
  • Pergi ke perpustakaan setempat
  • Mengikut dan menjadi relawan pada sebuah acara
  • Memasak bersama

4. Biarkan pasangan Anda mengeksplor hal baru

Saat pasangan Anda berhenti atau diberhentikan dari pekerjaan, Anda harus membiarkan pasangan Anda mengambil langkah dan hal baru lainnya. Dengan begitu, Anda memberikan pasangan Anda untuk mencoba pilihan yang lain. Mungkin pasangan Anda bisa melanjutkan pendidikan lebih lanjut, memulai bisnis, atau mencoba jalur karir yang baru. Inilah saatnya Anda bisa mendorong ia berkreasi serta mencoba pilihan lain selama ada waktu luang.

5. Bantu untuk mencarikan pasangan Anda pekerjaan

Sering kali, orang yang penggangguran merasa minder dan ingin bersembunyi dari dunia luar.  Cara terbaik untuk menemukan pekerjaan baru adalah melakukan hal yang berbeda, dengan membiarkan teman, keluarga, atau orang lain tahu bahwa pasangan Anda sedang mencari pekerjaan baru. Pujilah kemampuan dan keterampilan pasangan Anda di situs jejaring social, mintalah teman-teman Anda untuk memberi tahu Anda jika ada lowongan.

Baca Juga:

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *