29 Khasiat Daun Alpukat Untuk Kesehatan, Pengobatan, dll (Efek Sampingnya)

Diposting pada

Tanaman alpukat mempunyai nama latin “Persea Americana Miller”, ini adalah tanaman asli Meksiko. Sekarang ini, tanaman alpukat sangat populer karena telah dibudidayakan di banyak negara, termasuk Indonesia.Bahkan dari masa lampau masyarakat Indonesia telah memanfaatkan daun alpukat untuk kesehatan dan pengobatan alami.

Kalau berbicara tentang buah alpukat maka sudah sangat umum diketahui (jusnya terkenal sangat lezat), tapi tentang khasiat daun alpukat mungkin banyak yang belum tahu.

Pada daun alpukat terdapat kandungan zat querstin. Querstin merupakan kelompok senyawa flavonol terbesar. Manfaat kandungan querstin ini melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit degeneratif.

Daun Alpukat

Daun alpukat yang terasa pahit bisa berkhasiat sebagai diuretik bagi tubuh, serta membunuh berbagai jenis bakteri.Daun alpukat juga mengadung polifenol. Polifenol banyak juga terkandung di dalam buah anggur, bawang, teh dan lainnya. Senyawa polifenol tidak kalah penting dengan senyawa querstin.

Manfaat Daun Alpukat

1. Menurunkan Berat Badan (Untuk Diet)
Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka Anda bisa memanfaatkan daun alpukat. Penelitian menemukan bahwa di dalam daun alpukat mempunyai kandungan yang bermanfaat membantu untuk menurunkan kadar lemak berlebih, serta menekan nafsu makan.

Agar bisa memperoleh manfaat menurunkan berat badan ini maka sangat mudah, sediakan beberapa helai daun alpukat, lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.

Kemudian Anda rebus daun alpukat tesebut dengan air hingga mendidih. Lalu saring ke dalam gelas, lalu minum ketika sudah hangat.

Jika Anda ingin lebih nikmat, maka caranya dengan merebus 4 daun alpukat kering di panci lalu panaskan selama 15-20 menit.

Setelah itu diangkat daun alpukatnya, lalu masukkan ke dalam secangkir teh, lalu Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh madu.

Setelah terakduk rata, maka Anda tinggal minum teh daun alpukat tersebut, Anda bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu.

Laman Curejoy.com menyebutkan bahwa daun Alpukat bisa bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Sebuah studi dengan obyek percobaan hewan. Dimana tikus yang sedang mengalami kolesterol tinggi diobati dengan ekstrak daun alpukat dan metanol.

Hasilnya menunjukkan bahwa daun alpukat memiliki kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak, sehingga lemak tercegah dari menumpuk di dalam tubuh, yang dengan demikian berkontribusi pada menurunkan berat badan berlebih.

[Brai, B. I. C., A. A. Odetola, and P. U. Agomo. “Effects of Persea americana leaf extracts on body weight and liver lipids in rats fed hyperlipidaemic diet.” African journal of Biotechnology 6, no. 8 (2007).]

2. Mengobati Sakit Kepala

Sakit Kepala

Sakit Kepala | Sumber gambar: Freegreatpicture.comDari laman Boldsky.com menyebutkan bahwa Anda bisa mengobati sakit kepala dengan cara mengonusmsi teh daun alpukat (caranya telah diapaparkan diatas).

Hal itu karena di dalam daun alpukat terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang berfungsi untuk memperbaiki atau memaksimalkan aliran oksigen ke daerah kepala.

Dengan aliran oksigen yang lancar ke organ otak atau kepala, maka manfaatnya akan bisa mencegah munculnya sakit kepala, atau juga mengurangi sakit kepala akibat kelelahan, sinusitis, migrain, dll.

Selain itu, daun alpukat juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh masalah hipertensi (tekanan darah tinggi).


3. Mencegah Resiko Stress 
kandungan zat aktif di dalam daun alpukat seperti flavonoid, querstin, saponin, dan alkaloida memiliki manfaat penting dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Daun alpukat memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah atau menghambat perkembangan oksidatif stres yang berkaitan dengan penyakit.

Dari laman Boldsky.com bahwa adanya antioksidan di dalamnya, maka teh alami daun alpukat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak, serta menghambat pelepasan hormon kortisol di dalam tubuh.

Hormon kortisol merupakan hormon pemicu timbulnya stres dan rasa tidak nyaman di dalam diri.

Dengan keberadaan senyawa antioksidan di dalam tubuh yang memadai, maka mencegah produksi hormon kortisol yang tinggi, sehingga manfaatnya adalah Anda akan bisa lebih terhindar dari stres.

4. Mengurangi atau Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi banyak dialami orang-orang, penyebabnya karena gigi yang berlubang, adanya peradangan gusi, dan lainnya. Sakit gigi yang terjadi cukup lama akan membuat seseorang tidak bisa menjalankan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari dengan baik.

Bahkan sakit gigi membuat seseorang tidak nyaman dalam menguyah makanan. Bagi penderita sakit gigi maka hendaknya menghindari makanan atau minuman yang manis-manis, selain itu pastikan pada bagian gigi yang sakit jangan sampai tersenggol, sehingga menimbulkan sakit.

Sakit gigi yang sangat mengganggu ini bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit.

Selain itu, untuk cara alami dan murah maka Anda bisa membuat teh daun alpukat, yang manfaatnya akan mengurangi peradangan pada gusi dan meredakan nyeri pada gigi. Namun, pastikan Anda ingat selalu untuk menghindari konsumsi gula.

5. Mencegah dan Membasmi Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan sebuah masalah dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut terbentuk dari kumpulan sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal, yang setelah itu mengendap dan membentuk kristal.Masalah batu ginjal ini cukup serius, karena apabila dibiarkan maka lama-kelamaan batu ginjal semakin membesar ukurannya, sehingga menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang semakin parah, bahkan bisa menyebabkan penyakit komplikasi.

Gejala yang bisa dirasakan oleh penderita batu ginjal umumnya yaitu  urine tampak keruh, urine berbau tidak sedap, demam tinggi, badan lemas, dan menggigil.

Rebusan daun alpukat diyakini bisa berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, kandungan senyawa alkoloid bekerja untuk membantu meluruhkan batu ginjal sedikit demi sedikit. Alkoloid juga berfungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja organ ginjal.

Kandungan alkolid, flavonoid, saponin dan lainnya yang dtemukan di dalam daun alpukat bermanfaat untuk kesehatan ginjal, dan menghindari Anda dari penyakit batu ginjal.

Laman Boldsky.com menyebutkan bahwa teh herbal daun alpukat berkhasiat untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit batu ginjal. Yang berfungsi sebagai detoksifikasi di ginjal, serta membantu mengoptimalkan proses pembuangan limbah (zat tidak berguna) dari dalam tubuh.

Anda juga bisa memanfaatkan daun alpukat dengan cara lain, yaitu:

  1. Sediakan 5-8 lembar daun alpukat yang tua (berwarna hijau).
  2. Cuci daun alpukat hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Lalu rebuslah daun tersebut bersama 1 gelas air.
  4. Biarkan air dalam kondisi mendidih, matikan kompor ketika air rebusan tinggal 1/2 gelas.
  5. Lalu saring air rebusan tersebut.

Minum air ramuan daun alpukat ini sebanyak dua kali dalam sehari.Sebagai tips juga dalam mengatasi batu ginjal, Anda harus minum cukup air putih yang banyak dalam setiap harinya.




6. Mengobati Bengkak

Pembengkakan pada kaki akan membuat orang-orang kesulitan dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan. Di dalam daun alpukat terkandung querstin yang memiliki manfaati untuk meredakan pembengkakan pada tubuh.Nah, cara menggunakan daun alpukat untuk memperoleh manfaat ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menumbuk daun alpukat sampai lumat atau halus. Setelah itu tinggal ditempelkan pada bagian kulit yang terdapat bengkak.

Anda juga perlu setelahnya membungkus dengan memakai perban, biarkan dalam kondisi itu selama 3-4 jam.

7. Meredakan Nyeri Asam Urat
Penyakit asam urat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang tidak tertahankan, dan rasa panas di persendian. Walaupun semua bagian sendi tubuh bisa berpotensi mengalami asam urat, tapi bagian tubuh yang umum diserang asam urat yaitu bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Munculnya rasa nyeri bahkan pembengkakan akibar tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi. Kristal tersebut terbentuk karena adanya penumpukan zat-zat racun dan yang tidak diperlukan, terutama berasal dari jenis makanan yang memicu asam urat seperti jeroan, daging merah, dsb.

Demikian juga kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol akan memicu resiko tinggi seseorang terkena penyakit asam urat.

Daun alpukat bisa membantu Anda untuk meredakan nyeri asam urat. Cara memanfaatkannya yaitu:

  1. Pertama-tama sediakan daun alpukat sebanyak 25 gram. 
  2. Lalu potong-potong, dan rebus bersama 4 gelas air.
  3. Biarkan air rebusan sampai hanya tersisa setengahnya yaitu 2 gelas air. 
  4. Setelah itu angkat dan saring air rebusan tersebut.
  5. Tunggu sampai air rebusan tidak terlalu panas, lalu minum.

8. Menghilangkan Nyeri Sakit Pinggang

Sakit Pinggang

Sakit Pinggang | Sumber gambar: Flickr.comSakit pinggang akan membuat Anda kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa membuat ramuan dari daun alpukat untuk pengobatannya.

Cara membuatnya, pertama-tama sediakan 5 lembar daun alpukat, lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir.

Setelah itu Anda rebus daun alpukat tersebut bersama dengan satu gelas air.

Setelah airnya tersisa setengahnya maka angkat dan saring, masukan ke dalam gelas, tunggu agar tidak terlalu panas, lalu minum.

Senyawa pinene dalam daun alpukat bisa menurunkan gejala rasa sakit di semua bagian tubuh, terutama pada masalah nyeri punggung.

Selama Anda mengalami sakit pinggang ataupun punggung, maka hindari mengangkat benda yang berat-berat, karena dikhawatirkan bisa membuat sakit pinggang yang dialami semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *