23 Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dalam 1 Minggu dengan Diet Cepat | Cantikitu

Posted on
cara menurunkan berat badan 10 kg



Cara Cepat Menurunkan Berat Badan – Ingin memperoleh berat badan ideal
dalam waktu singkat, bukan berarti Anda harus menjalani program diet
gila-gilaan. Tubuhmu tidak akan mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup,
sedangkan tubuh perlu bekerja keras untuk menyediakan tenaga setiap hari. Oleh
sebab itu, banyak pelaku diet cepat yang kemudian jatuh sakit.


Sebetulnya ada banyak cara mengurangi berat badan tanpa
harus menyiksa diri sendiri. Dari banyaknya tips diet yang beredar di
masyarakat dan pengalaman pribadi, saya menangkap ada tiga point penting dalam
menguruskan badan, yakni mengatur pola makan, olahraga, dan menjalani pola
hidup sehat.


Jika Anda bisa menguasai ketiga poin tersebut, bukan
mustahil berat badan akan turun 10 kg dengan cepat dalam seminggu saja. Pada
kesempatan kali ini kami akan share beberapa tips menurunkan berat badan dengan
cepat dalam seminggu. Untuk masalah hasil setiap orang beda-beda, ada yang
turun 7 kg serta ada pula yang bisa turun sampai 10 kg! Langsung saja terapkan
tipsnya.



Cara Cepat
Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Paling Ampuh


1.
Bulatkan niat mulai detik ini untuk turunkan berat badan!


cara menurunkan berat badan 10 kg

Kebiasaan sering menunda-nunda diet sering menjadi
penyebab gagalnya melangsingkan badan. Mungkin hari ini Anda bersemangat untuk
mengurangi berat badan, tapi dua, tiga hari kemudian semangat tersebut hilang.
Inilah yang membuat program diet yang Anda jalani menjadi gagal. Padahal diet
memerlukan komitmen yang kuat agar berhasil mencapai target.


Oleh sebab itu, mulai detik ini juga bulatkan tekad Anda
untuk benar-benar mengurangi berat badan. Ubah mindset Anda dari “masih ada
hari esok” menjadi “hari esok aku harus kurus”. Untuk memperkuat niat diet,
Anda juga bisa melihat foto-foto model dengan tubuh langsingnya, atau melihat
teman yang memiliki tubuh langsing. Hal sepele semacam ini akan menjadi
dorongan kuat bagi Anda untuk melakukan diet secara konsisten.


2.
Atur menu makanmu sendiri


cara menurunkan berat badan 10 kg

Mulai sekarang hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan junk food atau makanan cepat saji.
Selain mengandung bahan berbahaya, makanan tersebut mengandung tinggi lemak dan
kolesterol yang bisa memicu obesitas (kegemukan). Sebagai gantinya, silahkan
masak menu makanmu sendiri. Jangan cemas ketika tidak bisa memasak. Di internet
sudah tersedia resep menu-menu sehat yang bisa dibuat sendiri dengan mudah di
rumah.


Tidak hanya lebih sehat dan dapat bantu menguruskan badan
saja, memasak makanan juga dapat menghemat uangmu. Tapi harap tetap awasi
bahan-bahan makanan yang Anda gunakan ketika memasak, agar asupan gizi tetap
terjaga dan seimbang. Meskipun targetmu dapat menurunkan 10 kg dalam 1 minggu,
Anda tetap harus mengatur pola makan secara bertahap agar tubuh juga
beradaptasi. 


3.
Cukupi kebutuhan cairan tubuh


cara menurunkan berat badan 10 kg

Tubuh kita terdiri lebih dari 50 % dari air. Kekurangan
air (dehidrasi) dapat memicu kegemukan, karena otak akan merespon kehausan
seperti kelaparan, akibatnya kita akan banyak makan bukannya minum.


Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas
yang mereka lakukan. Tetapi idealnya kita disarankan untuk mengonsumsi air
putih mulai dari 7-8 gelas setiap harinya. Anda bisa menambahkan es batu agar
tidak eneg atau mual.


4.
Jangan sentuh alkohol dan minuman bersoda


cara menurunkan berat badan 10 kg


Anda mungkin kadang terlalu memperhatikan apa yang
dimakan dan lupa bahwa minuman yang dikonsumsi juga ikut berkontribusi dalam
menaikkan ataupun menurunkan berat badan. Padahal, minuman beralkohol dan
bersoda yang selama ini Anda konsumsi dapat membuat badan gendut.


Kementrian Kesehatan Inggris, menemukan bahwa orang
Inggris rata-rata memperoleh 2000 kilo kalori dari konsumsi minuman-minuman
beralkohol setiap bulannya. Alkohol memang tidak memiliki lemak, tapi kandungan
senyawanya dapat menambah 7 kalori untuk setiap gramnya. 



Sedangkan minuman
bersoda mengandung gula yang dapat memberikan 245 kalori ke tubuh Anda. Jadi,
kalau Anda memang ingin mengurangi berat badan sebaiknya jangan minum keduanya.


5.
Minum teh hijau untuk turunkan berat badan alami


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu


Teh hijau sering sekali dikonsumsi oleh bangsa China
sejak jaman dulu. Mereka percaya kalau teh ajaib ini dapat membuat tubuh
menjadi lebih sehat tanpa harus minum obat. Setelah diteliti, ternyata teh
hijau mengandung catechin dan antioksidan tinggi yang memiliki khasiat luar
biasa untuk tubuh. Dimana salah satunya dapat mempercepat pembakaran kalori
dalam tubuh. Selengkapnya mengenai manfaat teh hijau bisa Anda baca disini.


Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, berarti secara
tidak langsung Anda sudah menjalani program diet penurunan berat badan. Namun jangan
asal konsumsi saja, Anda harus tau kapan waktu yang tepat. Para ahli herbal
menyarankan agar kita minum teh hijau setelah selesai makan, bukan ketika perut
sedang kosong. Dipercaya setelah makan akan mengurangi timbunan lemak dan
kalori dalam tubuh Anda.


6.
Mengonsumsi makanan yang pedas


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Kabar baik untuk Anda yang suka dengan makanan pedas. Ternyata
setelah diteliti, makanan yang memiliki rasa pedas mengandung capsaicin yang
dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, makanan pedas
juga berkhasiat untuk melancarkan sistem peredaran darah kita. Sehingga sekali
makan saja Anda sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus.


Apakah makanan pedas hanya berasal dari cabai? Tentu tidak.
Makanan pedas yang bisa Anda konsumsi bisa berasal dari bahan lain seperti
jahe, kunyit, paprika, lada hitam, dan oregano. Masukan bahan-bahan tersebut
kedalam setiap masakan Anda dengan takaran yang wajar. Jangan sampai berlebihan
karena dapat menimbulkan sakit perut dan diare akut.


7.
Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Daripada Anda mengonsumsi gorengan, lebih baik ganti
ngemil dengan buah dan sayuran segar. Gorengan dan makanan cepat saji lainnya
selain dapat membuat gemuk, ternyata juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Apalagi
jika gorengan tersebut dibuat dengan menggunakan minyak yang sudah kotor. Selengkapnya
bisa Anda baca di bahaya gorengan bagi kesehatan disini.


Bukan berarti Anda berhenti selamanya dan tidak mengonsumsi
gorengan. Tetapi untuk 1-2 bulan kedepan sebaiknya lebih banyak konsumsi buah
dan sayuran segar. Selain membantu menurunkan berat badan, konsumsi makanan
tersebut juga akan membuat tubuh terasa ringan dan kulit cerah berseri.


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Mengonsumsi buah dan sayur yang hanya itu-itu saja
mungkin membuat Anda merasa bosan. Nah untuk mengatasinya silahkan olah buah
dan sayuran tersebut menjadi salad, yaitu sebuah hidangan yang berasal dari
campuran sayur hijau, buah, daging, susu ikan, dan lainnya sesuai dengan selera
masing-masing.


Sekarang ini ada banyak sekali resep salad yang beredar
di internet. Anda pun bisa membuat sesuai selera sendiri. Dari banyaknya salad
yang beredar, saya lebih suka dengan salad buah pisang yang dicampur dengan
apel dan pir, lalu dicampur dengan segelas jus jeruk dan mayones. Hmm rasanya
tiada duanya deh. Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Tapi ingat,
jangan terlalu banyak juga ya.


9.
Perbanyak konsumsi protein nabati


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Protein juga termasuk nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam
mengurangi jumlah kalori dan lemak. Dibandingkan dengan kalori, protein dapat
memberikan kekenyangan lebih lama dan energi yang lebih besar. Tapi dengan
catatan, protein yang Anda konsumsi berasal dari protein nabati ya, bukan
hewani. Sebab protein hewani kadang juga mengandung lemak yang justru dapat
merusak dietmu.


Untuk mendapatkan asupan protein nabati, Anda bisa
mengonsumsi kacang-kacangan. Seperti misalnya kacang tanah, kacang kedelai,
kacang almond, kacang hijau, dan sejenisnya. Sedangkan protein nabati dari buah
dan sayur bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah alpukat dan sayur bayam. Selengkapnya
megenai makanan sumber protein tinggi disini.


10.
Tinggalkan gula sekarang juga


cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Tips menurunkan berat badan selanjutnya ialah dengan
mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan manis, atau makanan yang mengandung
gula. Gula mungkin tidak mengandung lemak, tapi sebenarnya ia mengandung kalori
tinggi yang jika tidak digunakan tubuh akan berubah menjadi cadangan energi
berbentuk lemak.


Membatasi konsumsi gula tidak hanya bermanfaat untuk
menurunkan berat badan saja. Anda juga dapat terhindar dari penyakit diabetes
melitus yang hingga saat ini belum ada obatnya. Salah satu gejala diabetes ialah tubuh gemuk. Jadi, sebaiknya segera hentikan
kebiasaan mengonsumsi gula berlebihan.


11.
Makan dengan pelan-pelan


cara mengurangi berat badan

Apakah selama ini Anda makan terburu-buru? Jika benar
demikian, itulah penyebab kenapa berat badan Anda sulit turun. Makanan yang
tidak halus akan membuat sistem pencernaan sulit mengolahnya, terutama kalori,
sehingga banyak yang diubah oleh tubuh menjadi lemak, bukannya energi.


Selain itu, makan terburu-buru juga dapat membuat otak
salah mengenali apakah sudah kenyang atau belum. Lain halnya ketika Anda
mengunyah pelan, maka otak akan memberikan sinyal kenyang ketika makanannya
cukup. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang kunyah makananmu lebih halus
secara pelan-pelan.


12.
Jangan malas gerak (MAGER)


cara mengurangi berat badan

Malas gerak atau bahasa gaulnya sekarang Mager, sering
menjadi penghalang gagalnya program diet menurunkan berat badan yang seseorang
jalani. Apalagi Anda yang hobi bermalas-malasan di kamar tidur sambil bermain
gadget. Rasanya melakukan aktivitas seperti sekedar membersihkan rumah sangat sulit
sekali.


Ayolah, jika memang Anda benar-benar ingin turunkan berat
badan, mulai sekarang jangan malas untuk gerak. Lakukan aktivitas-aktivitas
ringan seperti menyapu rumah, cuci piring, baju, dan sejenisnya. Bila perlu,
lakukan olahraga mengecilkan perut buncit untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.


13.
Tidur teratur dan kelola stresmu dengan baik


cara mengurangi berat badan

Pola hidup sehat yang sebenarnya ialah kita bisa mengatur
waktu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat, kapan harus makan dan
kapan berhenti makan, dan seterusnya. Setiap hari, orang dewasa membutuhkan
waktu 8 jam untuk tidur dan beristirahat. Usahakan setiap hari Anda mencukupi
waktu tidur tersebut tanpa terganggu dengan berbagai urusan.


Selain mengatur waktu tidur dan istirahat, Anda juga
harus pandai dalam mengelola stres. Bagaimana caranya? Anda bisa mencoba untuk
selalu berpikir positif, meningkatkan rasa percaya diri, meditasi, yoga, liburan bersama dengan keluarga, dan
masih banyak lagi. Intinya, jangan buat pikiranmu menjadi tertekan dengan
masalah-masalah yang dihadapi saat ini.


14.
Tertawalah sebelum tertawa dilarang


cara mengurangi berat badan


Membakar kalori dengan tertawa mungkin terdengar tidak
masuk akal, tapi ternyata tertawa dapat meningkatkan denyut jantung dan
mempercepat metabolisme yang mempengaruhi berat badan. Selain itu, tertawa juga
memberikan pijatan yang baik untuk organ-organ perut seperti ginjal, hati,
pankreas, limpa, dan adrenal. Luar biasa bukan?


Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk
sering-sering tertawa. Ada banyak cara membuat diri bahagia, termasuk beberapa
diantara seperti melihat video lucu, stand up comedy, bercanda dengan
teman-teman, dan masih banyak lagi.


15.
Atur pola makanmu selama seminggu pertama


Inilah yang disebut dengan cara menurunkan berat badan 1
minggu. Sesuai dengan namanya, diet ini akan Anda lakukan selama seminggu saja.
Mungkin untuk hasil setiap orang akan berbeda-beda. Ada yang bisa turun
sebanyak 1kg, 2kg, dan bahkan bisa 3kg tergantung kondisi kesehatan
masing-masing.


Berikut aturan
pola makan diet seminggu:


cara menurunkan berat badan dengan cepat
  1. Hari pertama = makan
    buah dan air putih saja
  2. Hari kedua =
    konsumsi sayuran saja
  3. Hari ketiga =
    kombinasi buah sayur
  4. Hari keempat = makan
    buah ditambah susu
  5. Hari kelima = boleh
    makan nasi dan sayur tomat
  6. Hari keenam =
    penuhi asupan protein nabati dan hewani
  7. Hari ketujuh = makan
    nasi, buah, dan sayur sesuai selera dan jus
16.
Catat penurunan berat badanmu selama seminggu sekali


cara menurunkan berat badan dengan cepat

Hanya dalam waktu seminggu saja sebetulnya penurunan
berat badan sudah dapat terlihat, khususnya untuk Anda yang menerapkan dengan
konsisten. Oleh sebab itu, catatlah setiap penurunan berat badan yang terjadi
selama seminggu tersebut. Idealnya berat badan akan berkurang sebanyak 2-3kg
tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing. Nah untuk mencapai 10kg
tentunya Anda harus tetap menjalani program diet ini kurang lebih selama 1.5
bulan saja.


Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara
bertahap, tidak instan. Apabila terlalu cepat, Anda akan berisiko mengalami gangguan
kesehatan seperti kekurangan nutrisi, tubuh lemas, mudah lelah, jaringan otot
cepat rusak, dan tulang kropos. Itulah sajian tips menurunkan berat badan
10 kg yang bisa Anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Artikel Terkait

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *