Cara Mengatasi Keringat Berlebih Di Badan Dan Wajah (99% Ampuh)

Diposting pada

Cara Mengatasi Keringat Berlebih – Keringat yang berlebih bisa menjadikan oran merasa kurang percaya diri dengan penampilan. Tentu masalah seperti ini menjadi kondisi yang segera diatasi jika terjadi pada diri Anda.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa berkeringat adalah cara tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh pada lingkungan yaitu dengan mengeluarkan cairan melalui kelenjar keringat yang mengandung garam. Tetapi hal yang berbeda apabila keringat berlebih yang terjadi seolah tanpa ada penyebabnya, kondisi seperti ini disebut Hyperhidrosis atau seringkali dikarenakan ada penyakit tertentu dalam badan seseorang.

Keringat berlebih aatu hyperhidrosis terbagi menjadi dua macam, yakni hyperhidrosis focal primer dan secondary general hyperhidrosis. Yang masing-masing jenis tadi akan dijelaskan dibawah ini.

Hyperhidrosis Focal Primer / Keringat Di Bagian Tertentu
Jika seseorang mengalami hyperhidrosis focal primer maka keringat berlebih hanya pada bagian tertentu. Seperti di bagian telapak tangan, telapak kaki, ketiak, kepala atau wajah saja.

Biasanya jika yang banyak keringatnya telapak tangan kiri, maka telapak kanan juga berkeringat. Penyebab keringat yang berlebih pada jenis ini adalah disebabkan terdapat masalah pada fungsi sistem saraf namun bukan penyakit.

Secondary General Hyperhidrosis / Keringat Berlebih Semua Badan
Keringat berlebih pada jenis ini bisa terjadi pada semua bagian badan atau tubuh, dan seringkali terjadi ketika malam hari. Keadaan seperti ini dikarenakan terdapat penyakit tertentu misalnya adanya masalah tiroid, tuberkulosis (TBC), menopause, stroke, kanker, diabetes, cedera tulang belakang, penyakit paru-paru, kehamilan, adiksi alkohol, parkinson dan gagal jantung.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Selain jenis diatas, penyenbab lain dari keringat yang berlebih bisa juga karena pengobatan atau pemakaian suplemen. Seperti mengkonsumsi antibiotik, obat tekanan darah, obat psikiatri dan obat mulut kering. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan keringat berlebih pada beberapa orang selain hyperhidrosis.

  • Ketika serangan jantung. Penderita bisa mengalami keringan yang berlebih dan merasakan nyeri yang sangat tinggi pada daerah sekitar jantungnya.
  • Pada orang yang memiliki penyakit tuberkolosis. Orang bisa mengalami keringat berlebih utamanya dimalam hari dan menyebabkan rasa nyeri di dada dan sesak napas.
  • Pada orang yang menderita penyakit hipertiroid. Hormon tiroksi yang berlebih bisa membuat meningkaatnya metabolisme menjadikan penderitanya mengalami keringat yang berlebih, terjadinya penurunan berat badan, denyut jantung menjadi lebih cepat atau tidak teratur dan hatinya gelisah.
  • Pada orang yang demam. Pada saat suhu badan kembali dalam kondisi normal, seringkali diikuti dengan keluarnya keringat pada tubuh yang berlebih.
  • Pada kondisi menopause. Wanita seringkali mengalami peningkatan pada suhu kulit dan diiringi dengan keringat dan gerah yang berlebih.
  • Penggunaan obat-obatan seperti anti-psikotik, obat pereda nyeri aspirin, asetaminofen dan morfin dapat menyebabkan keringat yang berlebih pada tubuh.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan kondisi yang menjadikan keringat berlebih pada tubuh atau wajah, maka sebaiknya Anda melakukan cara untuk mengatasinya.

Walaupun sebenarnya kondisi diatas bukan termasuk yang serius. Tetapi Anda harus tahu bahwa keadaans seperti itu tentu membuat tidak nyaman pada saat beraktivitas dan bertemu dengan orang banyak. Tetapi tidak perlu khawatir, berikut ini kami berikan beberapa cara mengatasi keringat berlebih pada wajah dan badan dengan alami tanpa memakai bahan kimia.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Untuk mengatasi keringat yang berlebih pada badan atau wajah, ikutilah beberapa cara dibawah ini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1.Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Minyak Kelapa

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Minyak Kelapa

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Minyak Kelapa

Didalam minyak kelapa terkandung Asam laurat yang tinggi, kandungan ini sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi segala bentuk bakteri penyebab keringat. Dan juga dengan menggunakan minyak kelapa Anda tidak perlu khawatir bau, karena minyak kelapa wangi dan segar. Namun dalam pemakaiannya usahakan tidak mengenai baju. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa dalam mengatasi beringat berlebih, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Sediakan minyak kelapa secukupnya kemudian camur dengan 10 buah kamper yang dihancurkan terlebih dahulu.
  • Kemudian tumbuh secara bersamaan kedua bahan tadi hintta terbentuk pasta.
  • Setellah itu, Anda bisa mengoleskan pada bagian tubuh atau wajah yang mengalami keringat berlebih.
  • Tunggulah selama 30-60 menit agar kandungan minyak kelapa bisa terserap dengan baik, lalu bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari agar hasilnya segera terlihat.

2.Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Baking Soda

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Baking Soda

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Baking Soda

Munculnya keringat biasanya bisa menjadi sumber bakteri, apalagi jika berlebih. Tentu membuat banyak bakteri sehingga menyebabkan bau badan. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai bahan alami yaitu baking soda. Untuk memakainya silakan lakukan cara berikut.

  • Sediakan baking soda secukupnya kemudian campur dengan tepung jagung.
  • Kemudian bersihkan terlebih dahulu area atau tubuh yang berkeringat dengan air
  • Lalu taburkan atau terapkan campuran tadi pada badan secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit agar bahan terserap oleh tubuh sebelum membilasnya dengan air dingin.
  • Untuk hasil maksimal sebaiknya dengan menambahkan minyal esensial
  • Ulangi cara perawtan ini setiap hari agar badan terbebas dari keringat berlebih dan bau badan

3.Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Teh Hitam

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Teh Hitam

Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Teh Hitam

Untuk keringat berlebih pada ketiak, Anda dapat memakai teh hitam untuk mengatasinya. Kandungan asam tanat pada teh hitam bisa membantu untuk menghambat produksi keringat berlebih. Jika dibandingkan dengan teh biasa, kandungan asam tanat pada teh hitam lebih banyak sehingga lebih baik untuk mengurangi produksi keringat dalam badan dan ketiak. Cara menggunakan teh hitam untuk mengatasi keringat berlebih pada ketiak adalah:

  • Sediakan 2 buah kantong teh hitam, kemudian seduh dalam tiga cangkir air panas dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, gunakan handuk bersih dan kering, kemudian celupkan pada air teh dan Anda bisa mengkompreskan pada area ketiak secara merata dalam beberapa menit.
  • Untuk pada badan Anda bisa mengkompreskan sama dengan ketiak. Tetapi jika pada kaki atau telapakan tangan sebaiknya dengan merendamnya dalam sebuah wadah yang berisi air teh hitam selama 30 menit
  • Ulangi cara ini setiap hari minimal satu kali dan sampai produksi keringat bisa berkurang.

4.Mengatasi Keringat Berlebih Dengan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengatasi keringat yang berlebih pada badan atau area lain bisa dengan mengubah gaya hidup sehat. Berikut bebereapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Memakai pakaian yang terbuat dari bahan sejuk, longgar dan bisa menyerap keringat. Gunakan juga kaos kaki yang mudah menyerap keringat dan lembut.
  • Menjaga lingkungan agar tetep sejuk dan membuat ventilasi udara yang baik
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat berkeringat
  • Menghindari stress, cemas, dan emosi yang bisa meningkatkan produksi keringat berlebih
  • Memakai deodorant non alkohol untuk menjaga ketiak tetap kering
  • Mandi dua kali sehari dan menggunakan sabun mandi yang lembut

Itulah tadi telah kami berikan beberapa cara mengatasi keringat berlebih di badan dan wajah secara alami. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

ladyfem

Silakan Baca Juga:

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *