Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?

Diposting pada


Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?

Duniainformasikesehatan.com – Musim rambutan telah tiba! Bagi penggemar buah ini, tentu akan menyambutnya dengan senang hati. Namun, tak sedikit juga yang menjauhinya karena khawatir bikin batuk, terutama pada anak-anak.Ada banyak orang yang memang mengeluh batuk setelah mengonsumsi rambutan. Lalu mereka menyimpulkan kalau buah ini dapat memicu batuk. Padahal, faktanya tidak sesederhana itu.

“Belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa makan rambutan berkaitan langsung dengan batuk,” kata dr. Resthie Rachmanta, M.Epid,  “Kandungan di dalam rambutan pun sebenarnya tidak sebabkan batuk.”

Menurutnya, gula pada rambutanlah yang mungkin dapat menimbulkan batuk. Ini dikarenakan gula pada rambutan bersifat agak pekat sehingga cenderung melekat di tenggorokan. Akan tetapi, reaksi ini tergantung pada masing-masing individu.

“Misalnya kalau orangnya sudah batuk dan dia konsumsi rambutan, bisa merangsang tenggorokan untuk memproduksi lendir lebih banyak. Akibatnya, tenggorokan berusaha mengalirkan gula tersebut dengan refleks batuk,” jelas dr. Resthie.

Karena itu, jika Anda sedang batuk, sebaiknya hindari dulu makan rambutan. Bila memang ingin mengonsumsinya, jangan lupa minum air hangat setelahnya untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. (klikdokter)

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *