Wajib Tahu! Ragam Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Kurang Tidur

Diposting pada

Wajib Tahu! Ragam Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Kurang Tidur

Duniainformasikesehatan.com – Gangguan tidur merupakan hal yang sering dialami masyarakat modern. Rutinitas yang padat dan tingkat stres yang tinggi memang bisa membuat kita jadi susah tidur. Akibatnya, kita jadi terjaga sepanjang malam dan kekurangan waktu tidur. Penyakit susah tidur yang dikenal dengan sebutan insomnia sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Karena ternyata susah tidur bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit berikut ini:

Gangguan Fungsi Otak

Otak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menyaring informasi dan menyimpan informasi yang diperoleh selama seharian. Itulah sebabnya kurang tidur bisa menyebabkan gangguan fungsi otak. Kita akan lebih mudah merasa bingung, sering lupa, dan tidak konsentrasi bila kurang tidur. Depresi

Ternyata kurang tidur juga menyebabkan seseorang lebih renta mengalami depresi dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur cukup. Otak menjadi lebih lelah dan kesulitan mengatur emosi ketika menghadapi masalah. Depresi dan gangguan psikologis lainnya juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga kita lebih mudah sakit. Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi
Bila kita kekurangan waktu tidur, tubuh akan melepas hormon stres untuk mengatasinya. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebab hormon stres juga dapat memperberat kinerja jantung. Akibatnya, jantung dan pembuluh darah harus bekerja ekstra keras memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Hal ini berisiko menimbulkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi bila terjadi terus menerus.

Kenaikan Berat Badan dan Obesitas
Tubuh akan merasa kekurangan energi kalau kita sering kurang tidur. Akibatnya, nafsu makan akan meningkat berlebihan karena otak memberikan sinyal untuk memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh. Jika kita sering makan berlebihan saat kurang tidur, risiko kenaikan berat badan dan obesitas pun akan semakin besar. Berat badan berlebihan juga rentan menyebabkan komplikasi penyakit serius lainnya.

Mulai sekarang, kita harus memastikan bahwa kita memiliki waktu tidur yang cukup. Agar tubuh senantiasa bugar dan siap beraktivitas seharian. Kita juga tak boleh lupa menyiapkan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan. Klik dulu website https://www.futuready.com/ untuk mencari pilihan asuransi kesehatan berkualitas. Futuready adalah supermarket asuransi yang memiliki ragam asuransi terpercaya. Mengurus asuransi jadi lebih praktis sejak kita mengandalkan Futuready sebagai solusinya. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam bila ingin mulai berlangganan asuransi kesehatan.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *