19 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat dengan Cepat | Cantikitu

Diposting pada

cara menambah berat badan dengan cepat
Cara Menambah Berat Badan – Urusan berat badan
merupakan salah satu masalah yang kerap sekali dialami oleh banyak orang, entah
itu kelebihan ataupun kekurangan berat badan. Yang jelas, kita harus menyesuaikan
agar memperoleh berat yang ideal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan juga
terlihat proporsional. Apalagi Anda seorang yang peduli dengan penampilan,
tentu tubuh yang proporsional dengan berat idel menjadi sebuah impian.
Orang yang mengalami kekurangan berat badan sebetulnya tak ada bedanya
dengan mereka yang kelebihan berat badan. Namun menurut penelitian, orang
dewasa dengan berat badan kurang rata-rata lebih cepat meninggal dunia
dibanding mereka yang memiliki berat badan ideal. Selain itu, banyak juga
masalah kesehatan terkait dengan kekurangan berat badan seperti penyakit paru,
gagal jantung, dan penyakit kardiovaskuler pun lebih mudah menyerang.

Bahaya Berbadan Kurus
dari Segi Kesehatan

Cadangan lemak tubuh merupakan bahan utama pembentukan hormon estrogen,
hormon seks perempuan yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Semakin
sedikit lemak tentu akan semakin sedikit pula hormon estrogennya sehingga
membuat tulang lebih rapuh dan rentan terkena patah tulang.
2. Sulit mendapatkan
kehamilan
Hormon estrogen tidak hanya berguna untuk tulang, tapi juga mendukung
kesuburan seorang wanita. Jika jumlah estrogen terlalu sedikit dalam tubuh maka
siklus menstruasi dan ovulasi dapat berkurang.
Selain itu, kekurangan lemak juga dapat mengganggu aliran hormon dari otak
menuju kelanjar hipofisis. Yang artinya, sinyal dari kelenjar hipofisis untuk
memberi tahu ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi) tidak akan terjadi.
Jadi, Anda akan berisiko mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur
jika memiliki berat badan kurang dari normal. Siklus menstruasi yang tidak
teratur inilah yang akan menyulitkan seorang wanita untuk mendapatkah
kehamilan.
3. Mudah mengalami
keguguran
Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Inggris, wanita yang memiliki
tubuh kurus atau mempunyai BMI (Body Mass
Index)
kurang dari 18,5 berisiko 75 % keguguran pada trimester pertama
kehamilan. Belum diketahui apakah ini juga dialami oleh wanita yang mengalami
kelebihan berat badan.
Dari 603 wanita yang mengalami keguguran di trimester pertama, setelah
BMI-nya dinaikkan, 116 wanita diantaranya berhasil melewati trimester pertama
tanpa keguguran. Menurut tim peneliti, untuk menghindari keguguran calon ibu
bisa mengonsumsi vitamin di awal kehamilan, terutama yang mengandung folid acid dan zat besi.
Penelitian di MayoClinic menujukan, bahwa wanita yang terlalu kurus akan 3x
lipat lebih berisiko rentan terkena serangan jantung di usia 42 keatas. Lemak
pada persendian yang terlalu sedikit dapat memicu arthritis atau radang sendi,
yang merupakan salah satu pemicu penyumbatan pembuluh darah menuju ke jantung.
Apabila kondisi ini sudah parah maka dapat memicu serangan jantung mendadak.
Penyakit paru-paru kronis seperti misalnya asma, sesak napas, bronkitis,
dan pneumonia lebih banyak diderita oleh wanita dewasa yang memiliki berat
badan dibawah rata-rata. Terlalu kurus menyebabkan tubuh kekurangan hormon
adipokin, sejenis sel yang diproduksi di lemak yang berguna membantu menjaga
daya tahan tubuh terhadap serangan virus ataupun bakteri merugikan.
Sedangkan untuk pria kurus, mereka akan sulit memiliki keturunan karena
kualitas sperma buruk. Penelitian yang dilakukan oleh
European Society of Human
Reproduction and Embryology 
menemukan, bahwa 20 diantara 25 pria normal
memiliki kualitas sperma yang jauh lebih tinggi dibandingkan pria obesitas dan
pemilik tubuh kurus. Pria kurus akan susah mendapatkan keturunan karena terjadi
ketidakseimbangan hormon yang memicu rendahnya kualitas sperma.
Cara Menggemukan Badan
yang Sehat dengan Cepat Tanpa Obat
Nah, bagi Anda yang mengalami kekurangan berat badan, jangan mengira bisa
makan apapun sepuasnya. Untuk meningkatkan berat badan yang sehat Anda perlu
mengatur pola makan yang baik. Jika tidak demikian, salah-salah Anda justru
akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang justru akan lebih
memperburuk kondisi kesehatanmu. Berikut cara menaikkan berat badan sehat
yang bisa dicoba.
cara menambah berat badan dengan cepat
Cara terbaik meningkatkan berat badan yang sebenarnya ialah dengan
mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda, sehingga nantinya tahu apa
saja yang menyebabkan penurunan berat badan.
Jika memang berat badan Anda dibawah normal karena suatu penyakit, maka
tindakan medis untuk menaikkan berat badan mungkin akan dilakukan. Beberapa
kondisi yang menjadi penyebab kekurangan berat badan antara lain:
  • Kelanjar tiroid yang terlalu aktif (Hipertiroidisme).
  • Penyakit Celiac yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap nutrisi
    tertentu dari makanan yang dikonsumsi.
  • Gangguan sistem pencernaan.
  • Gangguan makan seperti anoreksia.
  • Menderita gangguan psikologis seperti stres dan depresi.
Note: orang-orang seperti
diatas membutuhkan pengobatan yang berasal dari dokter dan psikiater jika
dibutuhkan.
2. Pilih
makanan yang sehat dan kaya nutrisi
Banyak yang beranggapan cara gemuk itu mudah hanya dengan memperbanyak
makanan berlemak dan makanan manis-manis. Padahal, gemuk secara sehat tidak
seperti itu, melainkan dengan memilih makanan sehat bergizi seimbang.
Misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran,
kacang-kacangan, serta mengonsumsi sumber makanan tinggi protein tanpa lemak
seperti tahu, tempe, kacang hijau, daging sapi, dan ayam tanpa kulit.
3. Makanlah
lebih sering dari biasanya
Mereka yang memiliki berat badan kurang cenderung lebih cepat merasa
kenyang dibandingkan dengan pemilik berat badan normal. Akibatnya, perut sering
dalam keadaan kosong sehingga tubuh mengambil cadangan lemak untuk diubah
menjadi energi. Ketika ingin menambah berat badan, tentu hal ini tidak kita
inginkan bukan? Oleh sebab itu, usahakan Anda sering makan dari biasanya.
Alih-alih makan 3 kali sehari dalam porsi besar, ada baiknya ubah menjadi
5-6 kali dalam porsi kecil tapi sering. Jeda waktu yang Anda butuhkan untuk
mengonsumsi makanan ialah 3-5 jam. Usahakan selalu makan ketika Anda
membutuhkan, bukan ketika mengalami rasa lapar baru menyantap makanan. Dengan
demikian, kebutuhan kalori dalam tubuh dapat bertambah setiap harinya.
4. Tambah
asupan kalori tiap makanan

Menambah berat badan artinya juga menambah asupan kalori dalam setiap
makanan yang kita konsumsi. Misalnya dengan menambahkan taburan keju ke setiap
roti yang kita makan, atau menambah telur dadar pada sup ayam. Dengan menambah
kalori pada setiap makanan, secara perlahan berat badan kita akan bertambah
dengan sendirinya. 

Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih
makanan penambah kalori supaya tidak menyebabkan kelebihan gula darah (glukosa)
atau lemak yang kurang sehat dalam tubuh.
5. Makan
camilan saat kerja

Camilan memiliki peran cukup besar dalam meningkatkan berat badan. Apalagi
untuk Anda yang sibuk dengan segudang pekerjaan kantor. Nah, cemilan ini bisa
menjadi solusi penggemuk badan. Tetapi tetap ingat, selalu pilih camilan yang
sehat seperti kurma, kacang kedelai, jagung rebus, avokad, dan salad sayur
misalnya. 

Sebisa mungkin hindari camilan yang diolah dengan cara digoreng dalam
rendaman minyak jika ingin menambah berat badan dengan sehat. Baca selengkapnya
bahaya gorengan bagi kesehatan.
6. Kunyah
makanan lebih lembut
Ketika makan apakah Anda sering menelannya langsung tanpa banyak mengunyahnya?
Kehalusan makanan yang masuk mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh kita.
Jika nutrisi dan kalori dapat terserap dengan maksimal, maka berat badan kita
pun akan naik dengan sendirinya. Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya
kunyah makananmu hingga benar-benar halus. Terutama untuk makanan-makanan yang
keras dan sulit dicerna oleh usus kita.
7.
Mengonsumsi jus dan smoothies
Smoothies merupakan minuman
berbahan dasar buah dan kacang yang dicampur susu atau yogurt serta bahan-bahan
lain yang disatukan lalu diblender lembut. Minuman seperti inilah yang tidak
akan membuat Anda merasa cepat kenyang, tapi nutrisinya dapat terserap secara lebih
cepat dan maksimal dibanding makanan padat. Oleh sebab itu, cobalah untuk lebih
sering mengonsumsi jus dan smoothies tanpa
tambahan pemanis. Karena selain sehat, minuman seperti ini juga dapat
memberikan asupan nutrisi lengkap bagi tubuh kita.
8. Minum
saat makan atau 30 menit setelah makan
Minum banyak sebelum makan dapat membuat tubuh cepat kenyang. Ini sangat
cocok untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya,
akan membuat tubuh kita menyerap lebih banyak kalori. Dengan demikian, minum
ketika makan atau 30 setelahnya dapat membantu menambah berat badan secara
signifikan.
Untuk jenis minumannya bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing.
Bisa dengan minum segelas air putih, jus, ataupun minuman kesukaan lainnya. Namun
selalu ingat, jangan banyak mengonsumsi minuman yang manis-manis. Karena bagaimana
pun ia mengandung gula tinggi yang kurang baik bagi tubuh.
9. Minum
susu setelah makan
Minum susu menjadi cara menambah berat badan yang saat ini cukup populer di
kalangan masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya susu penambah berat badan
yang beredar di pasaran. Nah, Anda bisa mencoba konsumsi susu penambah berat
badan tersebut. Namun bila tidak ada, silahkan ganti dengan mengonsumsi
olahannya seperti yogurt, keju, es krim, puding, dan sejenisnya.
10.
Konsumsi madu penambah berat badan
Madu merupakan minuman berkhasiat yang mengandung banyak sekali manfaat
bagi kesehatan. Salah satunya ia mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin,
mineral, dan antioksidan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi harian kita. Mengonsumsi
madu secara rutin bisa menjadi jalan bagi Anda yang ingin menambah berat badan secara
sehat dengan cepat.
Selain mengandung nutrisi lengkap, madu penggemuk badan juga dapat
meningkatkan penyerapan kalori dalam tubuh sehingga akan memaksimalkan
peningkatan berat badanmu. Selengkapnya mengenai manfaat madu untuk kesehatan
dan berat badan bisa Anda baca disini.
11. Perbanyak
konsumsi makanan berprotein
Daripada Anda mengonsumsi makanan berlemak yang kurang baik bagi kesehatan,
lebih baik ganti dengan konsumsi makanan berprotein tinggi. Mengonsumsi makanan
berprotein dapat membantu meningkatkan massa otot Anda apalagi ketika
digabungkan dengan olahraga secara teratur.
Meningkatkan massa otot akan membantu menambah berat badan karena otot
lebih padat dibandingkan dengan lemak. Hal ini akan membantu Anda dalam
menambah berat badan tapi tetap terlihat ramping dan kencang. Sumber makanan berprotein antara lain
telur, daging, produk susu, dan kacang.
12.
Konsumsi makanan sehat sebelum tidur
cara menambah berat badan dengan cepat
Seperti yang dilansir dari WashingtonPost,
Kelly Allison dari
University
of Pennsylvania School of Medicine’s Center for Weight and Eating Disorders
mengungkapkan bahwa
banyak penelitian yang makan di malam hari yang
melibatkan hewan, pekerja shift, dan orang yang memiliki night eat syndrome. Penelitian-penelitian tersebut cenderung
menunjukan kalau makan sebelum tidur dapat membuat kalori tersimpan dalam
bentuk cadangan (lemak), dibandingkan dengan membakarnya menjadi energi,
sehingga memicu kenaikan berat badan.
Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini program
penggemukan badan sebaiknya seringlah makan sebelum tidur. Tidak perlu juga
makan-makanan yang berat, tapi Anda bisa cukup dengan camilan seperti biskuit,
snack, coklat, atau bahkan permen. Saat tidur aktivitas metabolisme cenderung
lebih rendah, sehingga kalori yang masuk tidak akan diproses menjadi energi
melainkan dalam bentuk lemak.
13. Hentikan kebiasaan begadang
Baik Anda ingin menambah berat badan ataupun menurunkan
berat badan, begadang tidaklah dianjurkan, karena memang tidak baik untuk
kesehatan. Begadang hanya akan membuat hormon dalam tubuh kita tidak stabil. Akibatnya,
tentu tubuh akan lebih mudah terserang penyakit berbahaya. Oleh sebab itu,
sebaiknya jangan sering begadang bila tiada artinya.
14. Istirahat cukup lebih baik
Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukan kalau
kurang tidur dapat menyebabkan perubahan yang berarti dalam tubuh kita.
Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah serius
seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian di usia muda.
Menurut para ahli, kita disarankan untuk mencukupi waktu
tidur setidaknya 7-8 jam dalam sehari. Sedangkan untuk remaja dan bayi bisa
lebih panjang dari pada orang dewasa. Dengan mencukupi waktu tidur, maka dapat
membantu menyeimbangkan hormon tubuh dalam metabolisme peningkatan berat badan.
15. Jangan lupakan sarapan
Bagi Anda yang ingin menambah berat badan maka hukumnya
wajib untuk selalu sarapan di pagi hari. Sarapan sangat penting karena
merupakan sumber energi pertama yang masuk dalam tubuh. Keadaan perut kosong
akan membuat tubuh beralih mode proteksi dengan membakar lemak dalam tubuh.
Dengan demikian, tidak sarapan hanya akan membuat tubuh Anda semakin kurus.
Menu sarapan bisa disesuaikan dengan selera Anda
masing-masing. Tetapi alangkah baiknya bila Anda mengonsumsi makanan yang
lembut agar mudah dicerna. Sebab pagi hari merupakan waktu penyerapan nutrisi
terbaik. Setelah sarapan Anda bisa minum susu agar proses peningkatan berat
badan lebih cepat.
Apa saja manfaat kopi itu? Dalam buku “The Coffe Lover’s
Diet”, karya Bob Arnot, penulis sekaligus konsultan kesehatan, menjelaskan
bahwa bagaimana kopi dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan proses
metabolisme kalori. Menurutnya, kopi dapat membakar 100 kalori lebih besar
dibandingkan ketika kita tidak meminumnya. Selain itu, kopi juga dapat menekan
nafsu makan kita.
Untuk Anda yang sedang ingin menaikkan berat badan tentu
tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang
kurangilah konsumsi kopi. Terutama ketika pagi hari setelah sarapan. Minum kopi
hanya direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan
cepat.
17. Hentikan kebiasaan merokok
Satu lagi kebiasaan yang sebaiknya tidak Anda terapkan
ketika ingin menggemukan badan, yaitu merokok. Dari segi kesehatan jelas
merokok tidaklah baik. Apalagi saat ini, badan kesehatan dunia telah
mengeluarkan bahaya merokok bagi kesehatan yang salah satunya dapat memicu kanker.
Memang akan sangat sulit bagi yang sudah kecanduan rokok
untuk berhenti seketika. Akan tetapi bukan berarti Anda kemudian berhenti
berusaha. Anda bisa mulai sedikit demi sedikit untuk meninggalkannya. Seperti
beberapa trik berhenti merokok dengan cerdas yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu.
18. Kelola stresmu dengan baik
Salah satu penyebab bedan kurus ialah stres atau depresi
berat. Tekanan pikiran yang berat sejatinya membutuhkan banyak energi. Oleh
sebab itu, Anda yang sedang stres lebih cepat kurus dibandingkan dengan mereka
yang hidup bahagia. Jika Anda mengalami stres alangkah baiknya atasi mulai saat
ini juga.
Dengan pengelolaan stres yang baik tentu akan membuat
hidup lebih bahagia dan peningkatan berat badan pun berjalan lancar. Bila
perlu, temui psikiater untuk mendapatkan solusi terbaik atas masalah yang
sedang Anda hadapi.
19. Lakukan olahraga secara rutin
cara menambah berat badan dengan cepat
Banyak yang mengira kalau olahraga hanya berguna untuk
mengurangi berat badan saja. Padahal, olahraga merupakan salah satu pola hidup sehat yang juga bisa
membantu menambah berat badan. 
Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka nafsu makan
Anda akan meningkat, sehingga tubuh akan memperoleh asupan kalori yang lebih
besar setiap harinya. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih antara lain
jogging santai, sepeda, push up, sit up, senam, dan sebagainya.
Jadi, itu tadi beberapa cara menambah berat badan yang
sehat dan permanen. Setelah mengetahui langkah-langkah diatas, tentu berat badan
ideal sekarang bukan hanya menjadi sebuah impian bukan? Oleh sebab itu,
terapkan beberapa kiat diatas dengan penuh kesungguhan agar hasilnya maksimal.

Sekian postingan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat
dan jangan lupa share pengalamanmu menambah berat badan di kolom komentar ya.
 

Artikel Terkait

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *