Pria Ini Harus Lakukan Bedah Sinus Karena Terlalu Banyak Minum Es Kepal Milo. Begini Kisahnya!

Diposting pada




Beritaterheboh.com – Pria ini berbagi pengalamannya bedah sinus karena kebanyakan minum es. Ia mengaku akhir-akhir ini sering konsumsi es susu cokelat. Bagaimana ceritanya?



Diet yang tidak sehat dan tak seimbang memang bisa menimbulkan banyak penyakit. Dikutip dalam World of Buzz (23/04), netizen bernama Hanafi yang berasal dari penang perlu menjalani operasi pada awal bulan ini tepatnya 17 April, karena kebiasaan buruknya.



“Masalah sinus saya tampak memburuk karena diet saya. Saya makan banyak makanan tinggi gula, karbohidrat dan minum banyak es Milo. Dokter mengatakan kepada saya bahwa Milo sebenarnya tidak baik jika terlalu sering diminum karena mengandung lebih banyak gula daripada cokelat,” tulisnya.



Hanafi juga mengatakan, minuman yang tinggi gula seperti es Milo ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. “Saya selalu minum Milo, kadang lebih dari sekali dalam sehari. Tepatnya sebelum saya dirawat di rumah sakit, saya benar-benar sangat menyukai ‘Milo Ais Kepal’. Tubuhpun merasa tidak enak dan setelah melihat sinus saya, dokter mengatakan saya benar-benar dalam kondisi yang sangat buruk.”



“Bagian dalam hidung saya sangat bengkak sehingga membuat saya sulit bernafas. Saya tidak tahu kalau saya memiliki sinus sehingga tak hanya sulit bernafas tapi juga alami sakit kepala. Sehingga perlu dioperasi.”



Setelah menjalani operasi, Hanafi disarankan oleh dokter untuk menghindari makanan dan minuman lain yang diyakini kurang sehat. Dokter menyuruhnya untuk mengurangi konsumsi gula tinggi seperti susu kental manis, sereal dan jus buah kemasan. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk mengurangi produk kacang, kedelai, mie dan maksimal hanya makan dua potong roti sehari.



Hanafi juga berpesan agar tetap menjaga pola dan gaya hidup sehat sebelum harus mengeluarkan uang yang banyak untuk operasi. Jika Anda salah satu yang punya masalah sinus, sebaiknya hindari merokok, cuci tangan sebelum makan dan hindari minuman dengan rasa manis dan dingin.





Namun, banyak netizen yang mengkritik Hanafi, salah satunya Cik Nur Hidayah Daris yang menuliskan kurang lebih jika diartikan ‘perbuatan kita sendiri yang membuat kita sakit… terlalu sering minum makanan manis hingga 3 kali sehari setiap harinya, minum tidak minum tidak boleh sampai ketagihan, itu penyebabnya,’.





Dr Agus Subagio, SpTHT, dokter spesialis THT yang praktik di RS Puri Indah beberapa waktu menjelaskan sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang alergi terhadap pencetusnya misalnya debu atau udara dingin.



Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan flu biasa yang sering terjadi pada musim hujan seperti pilek, hidung tersumbat, berlendir, demam dan sakit kepala (biasanya saat bangun tidur), ingus berwarna kuning atau kehijauan, nafas bau, batuk berlendir, demam tinggi (di atas 39 derajat Celcius), sakit gigi dan kurang sensitif terhadap rasa dan bau.



Dr Agus pun menyarankan untuk menghindari asap rokok, cukup minum air putih, dan meminimalkan konsumsi produk susu yang dapat mengentalkan lendir dan menyebabkan lubang hidung menyempit sehingga mengakibatkan nyeri dan sakit kepala.(detikhealth)

‘);
FB.XFBML.parse( );
});
//]]>

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *