Mual dan Muntah Saat Hamil? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Diposting pada

Mual dan Muntah Saat Hamil? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Duniainformasikesehatan.com – Pada awal masa kehamilan gejala mual dan muntah memang menjadi gejalan yang terjadi secara umum pada hampir semua ibu hamil. Mual dan muntah ini terjadi disebabkan perubahan hormon hCG dan estrogen akibat pertumbuhan dari janin. Biasanya mual muntah akan terus terjadi di trimester awal kehamilan. Bahkan bagi beberapa ibu hamil mual dan muntah dapat terus terjadi hingga trimester ketiga.

Mual yang disertai muntah di pagi hari pada ibu hamil dikenal dengan istilah morning sickness. Jika Bunda mengalami hal ini, Bunda tidak perlu khawatir karena ini sangat wajar terjadi pada ibu hamil. Tetapi jika morning sickness ini terjadi terus menerus hingga menggangu kesehatan ibu hamil, perlu penanganan yang lebih lanjut. Mual munta berlebihan ini dapat menyebabkan Bunda terkena hyperemesis gravidarum. 

Yaitu kondisi di mana ibu hamil kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan perkembangan janin. Hyperemesis gravidarum juga diderita oleh Kate Midelton istri dari Pangeran Willian dari Kerjaan Inggris. Pada kehamilan pertama hingga ketiga, Kate Midelton selalu mengalami hyperemesis gravidarum yang menyebabkanya harus dirawat inap di rumah sakit. 

Jika Bunda mengalami hal yang sama, Bunda harus segera mengatasinya dengan baik sebelum mual muntah berlebih ini meperburuk kesehatan Bunda. Makan Dalam Porsi Kecil

Saat mual dan muntah melanda Bunda, akan lebih baik jika Bunda makan dengan porsi yang kecil tetapi dalam frekuensi yang sering. Cara ini akan membantu Bunda untuk tetap mendapatkan nutrisi dalam tubuh. Pilih makanan yang mengandung gizi seimbang bagi tubuh.

Jika Bunda tidak menyukai bau makanan tertentu, hindari untuk tidak memakannya sehingga Bunda tidak mual atau pun munta saat makan. Makanlah makanan yang Bunda sukai, tetapi tetap ingat agar memakan makanan yang bergizi untuk janin.

Meminum Susu Ibu Hamil Khusus

Mual dan muntah saat hamil memang bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika sampai menggangu aktifitas sehari-hari. Untuk mengurangi mual dan muntah, Bunda dapat meminum susu hamil khusus untuk mengurangi mual dan muntah ini. Harga susu ibu hamil khusus untuk mengatasi mual muntah ini memang sedikit berbeda dengan harga susu ibu hamil yang lainnya. Hal ini disebabkan ada kandungan khusus yang dapat mengurasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Kurangi Aktifitas Berat

Selain menjaga makanan dan meminum susu ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengurangi aktifitas berat. Karena aktifitas berat dapat menyebabkan rasa mual dan muntah muncul lebih sering. Tak hanya itu, aktifitas berat juga dapat berpengaruh pada janin yang berada dalam rahim. Dengan mengurangi aktifitas berat, tubuh akan lebih rileks dan janin mendapatkan rasa tenang di dalam rahim.

Menghindari Stress

Ibu yang bahagia akan mencinptakan anak yang bahagia juga. Untuk itu ibu hamil tidak boleh merasa stres. Apalagi stres juga dapat memicu rasa mual dan muntah menjadi semakin buruk. Lakukanlah kegiatan yang Bunda sukai dan ajaklah suami agar mengerti dengan kondisi Bunda. Perbanyak komunikasi dengan suami agar dapat saling memahami satu sama lain dan Bunda pun dapat terhindar dari stres.

Beberapa cara di atas hanyalah cara untuk mengurangi mual dan muntah bagi ibu hamil. Jika Bunda masih merasakan mual dan muntah yang hebat walau pun setelah minum susu ibu hamil, akan lebih baik Bunda segera mendapatkan penanganan yang lebih lanjut dari dokter kandungan. (*)

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *